Selasa, 08 Juni 2010

Sistem Informasi Akuntansi

Sistem Informasi Akuntansi (SIA) melaksanakan aplikasi akuntansi perusahaan. Aplikasi ini ditandai dengan volume pengolahan data yang tinggi. Pengolahan data tersiri dari empat tugas utama, yaitu pengumpulan data, manipulasi data, penyimpanan data dan penyiapan dokumen.

Perusahaan tidak dapat memilih untuk memiliki SIA atau tidak, itu merupakan suatu keharusan. Juga, semua perusahaan pada dasarnya melaksanakan prosedur-prosedur yang sama. SIA lebih berorientasi pada data daripada berorientasi pada informasi, dan datanya sebagian besar bersifat historis.

Apakah pengolahan data?

Pengolahan data (data processing) adalah manipulasi atau transformasi simbol-simbol seperti angka dan abjad untuk tujuan peningkatan kegunaannya. Istilah pengolahan transaksi (transaction processing) makin banyak digunakan untuk menggambarkan pengolahan data yang diterapkan pada data bisnis. Walau istilah pengolahan data, karena lebih dikenal.

Tugas pengolahan data

SIA melaksanakan empat tugas dasar pengolahan data : pengumpulan data, manipulasi data, penyimpanan data, dan penyiapan dokumen.


Sumber : "Sistem Informasi Manajemen", Raymond McLeod, Jr.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar