Rabu, 05 Mei 2010

Implementasi sistem informasi softskill(4)

Implementasi sistem informasi softskill(4)

1. Fase Awal Pengembangan Sistem

Fase awal pengembangan sistem menggunakan kemampuan pemakai dalam mengoperasikannya. Fase awal terdiri dari :

· Perancanaan system

· Analisis sistem

· Perancangan sistem secara umum/konseptual

· Evaluasi dan seleksi system

1.1 Fase Perencanaan Sistem

1.1.1 Latar Belakang Pengembangan Sistem

Sistem penjualan konvensional yang masih berjalan pada masyarakat mengakibatkan timbul banyaknya permasalahan dimulai dari proses pembelian barang dari pemasok, pelayanan pembelian, pencatatan barang yang dibeli.

Permasalahan pertama yaitu penjualan saat ini masih menggunakan sistem konvesional. contohnya sebuah toko masih melakukanpenjualan secara abstrak, maksud abstrak di sini adalah sistem penjualan tidak dilakukan dengan cara pembukuan jadi hanya sekedar beli barang dari distributor dan dijual kepada konsumen. perhitungan keuntungan yang dihitung pun hanya berupa pembelian - penjualan. tentu saja hal ini sangat tidak efisien dikarenakan pembelian yang terjadi tentulah harus menunggu barang habis terjual karna bagaimana menghitung keuntungan sebenarnya jikalau pemilik melakukan pembelian sebelum seluruh barang nya habis? tentunya hal ini akan mengurangi jumlah maksimal keuntungan karna akan ada barang yang mubazir.

Permasalahan kedua Sistem konvensional yang kedua sudah mulai memasuki masa modern dimana pemilik melakukan pencatatan kepada barang yang datang dan keluar beserta harganya. dan pemilik melakukan kalkulasi secara akuntansi untuk mengetahui jumlah untung / rugi nya serta jumlah kapasitas barang yang masih tersedia. kerugian menggunakan sistem konvensional model ini adalah bahwa data yang ditulis mempunyai kemungkinan akan terjadi kerangkapan bahkan akan dimungkinkan terjadinya kehilangan data

Dikarenakan masalah masalah yang timbul oleh sistem konvensional maka dibutuhkan sebuah aplikasi / sistem baru yang dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut. Maka digagaslah sebuah sistem yang dapat mempercepat proses pada Toko ayu. Mulai dari proses awal sampai proses pencatatan barng pembelian dan penjualan.

Pada sistem baru ini dibutuhkan sebuah aplikasi mini market pad Toko ayu.. Pada aplikasi ini semua proses yang terjadi dalam penjualan mini market hanya tinggal memasukan input yang selanjutnya akan di proses secara otomatis oleh aplikasi program tersebut dan akan dicetak dalam laporan setip bulan atau per tahun.

1.1.2 Tujuan Dari Pengembangan Sistem

Dengan digantikannya sistem konvensional dengan sistem yang baru maka akan membuat pekerjaan-pekerjaan yang terjadi pada sistem konvensional diharapkan menjadi lebih mudah. Misalnya, dengan adanya metode komputerisasi, proses pengolahan data dan transaksi barang juga dapat dilakukan dengan akurat, efektif, dan efisien.

1.1.3 Batasan Masalah

karena terlalu kompleknya permasalahan yang ada, maka dalam sistem komputerisasi ini dibatasi pada masalah pengolahan data pengguna, pengolahan data pelanggan, pengolahan data pemasok, pengolahan data golongan, pengolahan data jenis produk, pengolahan data produk, pengolahan data barang, proses transaksi pembelian barang, dan proses transaksi penjualan retail.

1.1.4 Studi Faktor Kelayakan

a. Kelayakan Teknis

Perancangan system penjualan ini membutuhkan spesiikasi standard seperti :

· OS Windows XP

· 128MB RAM

· 500MB HDD

· Processor Intel Pantium Core 2 Duo

b. Kelayakan Ekonomis

Sistem ini mempunyai nilai lebih karena system ini dapat membantu pemilik toko mempermudah catatan barang yang ada tanpa adanya kerangkapan data. dan juga bisa menyimpan data para pemasok dan pelanggan

c. Kelayakan Operasional

Pada sistem ini, sangat mudah untuk digunakan karena pemilik hanya perlu memasukan no barcode barang pada komputer lalu aplikasi ini akan menampilkan harga barang tersebut. Kemungkinan errornya pun kecil hanya diperlukan maintenance setiap 6 bulan sekali.

d. Kelayakan Rencana

Pada sistem ini hanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 bulan untuk membuat sepenuhnya sisttem ini dapat dioperasikan.

1.1.5 Studi Faktor Strategis

Ø Produktivitas

Setelah dibuatnya sistem ini memberikan beberapa kemudahan kepada pemakainya, karena mereka tidak harus mengecek barang apa saja yang masih di gudangj. Karena sistem ini memberikan peringatan sebelum ada barang yang habis.

Ø Difirensiasi

Dengan adanya system ini penjualan yang ada semuanya bersifat komputerisasi, diharapkan semua proses yang terjadi dalam penjualan akan lebih efektif dan efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar